Emas, Buku dan Parenting (3): Emas Tua dan Muda

Emas, Buku dan Parenting (3)
 
Zaman ibu kita dulu, meski bertujuan untuk invest, rata-rata kalau beli emas itu ya dalam bentuk perhiasan. Berhias sambil menabung katanya. Maka paling tidak, harus sedia uang dalam jumlah tertentu, karena emas perhiasan biasanya gramasinya rata-rata di atas 1 gram. Yang di bawah satu gram ada juga, sih, yaitu anting-anting. Baik untuk dewasa maupun bayi. 
 
Misal jumlah uang terbatas dan tetap ingin diwujudkan emas, ada pilihan kedua yaitu memilih emas muda. 
 
Tahu kan, istilah emas tua atau muda yang sering kita dengar di masyarakat? 
 
Kadar emas paling top adalah 24 K atau disebut emas murni 99,9 % fine gold. Ternyata, meski masuk golongan logam, emas 24 k (Au) itu lunak, lho. Jadi kalau langsung dibentuk perhiasan akan mudah berubah bentuk, tergores dan tidak tahan lama. Saya punya gelang 24 K dan memang bentuknya nggak bisa bunder-der gitu, tapi mencong-mencong.
 
Untuk mendapat bentuk yang kokoh dan indah, ketika diolah menjadi perhiasan, emas harus dicampur dengan logam lain. Seperti nikel (Ni), tembaga (Cu), paladium (Pd). Kok, jadi ingat sistem periodik unsur-unsur, ya hehhehe. 
 
Nah, komposisi pencampuran itulah yang menentukan kadar perhiasan emas. 
 
Disebut emas tua jika kadar logam emasnya minimal 75 % atau 18 K. 87 % atau 21 K, 91 % atau 22 K dan 95 % atau 23 K. Gak bingung kan ya. Nanti deh saya bikin list khusus kadar emas perhiasan di bawah tulisan ini.
 
Sedangkan disebut emas muda jika kadar emasnya 50 % atau 12 K ke bawah. Ada juga 10 K atau 40 % dan yang lebih rendah lagi di kisaran 8 K atau 30 %. 
 
Semakin tua emas perhiasan, semakin mahal dan warnanya akan semakin kuning menggoda. 
 
Kembali pada invest emas. Tadi di atas sudah disebutkan jika zaman ibu kita dulu, sukanya beli dalam bentuk perhiasan emas tua. Alasan mereka ternyata sederhana tapi lojik. Mau beli emas 24 K dalam bentuk batangan biasanya terdapat dalam gramasi besar. Tentu mahal dan tidak terjangkau. 
 
Sedangkan mau beli emas muda, tak cocok buat invest. Buybacknya nyungsep parah. Bahkan nih, ada yang bilang jika emas muda yang 8 K atau 30-33 % itu tidak bisa disebut lagi sebagai perhiasan emas. 
 
Nah sekarang ini ada cara mudah invest emas 24 K. Sekarang sudah ada kepingan emas 24 K dalam gramasi di bawah 1 gram. Sangat terjangkau. Mulai 0,025 g itu harganya 36 k -an. Jadi bisa beli sedikit-sedikit sesuai kemampuan. Beli satu, simpan. Dua minggu lagi, beli, simpan. 
 
Emas kepingan kecil ada yang bilang rugi di kemasan, sih. Tapi kalau dipikir-pikir, banyak keuntungannya juga, selain harga terjangkau, kita nggak buru-buru ingin jual kembali. Jadi kepingan kecil itu bagusnya, beli-simpan, beli-simpan saja. Lama-lama jadi bukit juga kan. Besok-besok pasti akan berguna dalam banyak hal, untuk pendidikan anak misalnya. Tentu kalau sudah sampai nishob, jangan lupa keluarkan zakatnya. 
 
Malang, 1 Januari 2021
 
Tulisan pertama di awal tahun. Semoga ada manfaatnya.
 
 
NB. Daftar kadar perhiasan emas
Emas 12K - kadar emas 50 persen
Emas 13K - kadar emas 54 persen
Emas 14K - kadar emas 58 persen
Emas 18K - kadar emas 75 persen
Emas 21K - kadar emas 87 persen
Emas 22K - kadar emas 91 persen
Emas 23K - kadar emas 95 persen
Emas 24K - kadar emas 99 persen

Comments