Catatan (1) Ngaji Tafsir Surat Yasin Bersama KH. Mahmud Mas'ud di MT. El-Hamidy Bakalan

Bakalan Beji, 22 Agustus 2021

Catatan (1) Ngaji Tafsir Surat Yasin Bersama KH. Mahmud Mas'ud (Jadwal: tiap ahad ke-4, pukul 08.00-09.00)


Di pertemuan pertama ini, Yai Mahmud mengulas semacam prolog (pembukaan/ mukaddimah) tentang surat Yasin. 

Sebagaimana kita tahu, surat ini adalah primadona umat Islam. Termasuk salah satu surat yang paling sering dibaca, setelah Al-Fatihah, dan banyak dijadikan wirid dan sebagai doa pengharapan terhadap segala hajat dunia dan akhirat. 

Hal ini tentu bukan alasan. Apa pun di dunia ini pasti memiliki jantung. Al-Quran juga demikian, dan surat Yasin adalah pokok, inti atau jantung dari kitabullah ini.

Diriwayatkan, sebelum menciptakan alam dunia dan seisinya, Allah sudah menciptakan surat Yasin dan sering memperdengarkannya pada penduduk surga sehingga membuat mereka berdecak kagum akan keindahan isinya. 

Pada ayat pertama yang berbunyi Yasin, tidak ada satu pun ulama yang berani menafsirkan apa makna kalimat tersebut. Ada yang menyebut bahwa Yasin adalah salah satu nama Nabi Muhammad SAW selain Thoha. Entah apa sirr (rahasia)-nya, tapi surat Yasin memang telah tebukti mustajab sebagai perantara terkabulnya hajat dunia akhirat. Surat Yasin (dan juga Thoha) adalah dua surat anugerah dari Allah yang paling urgent digunakan sebagai tirakat harian kita. Maka, usahakan tidak ketinggalan membaca surat ini dalam sehari semalam minimal satu kali.

Hikmah membaca surat Yasin (dan juga Thoha):

1. Sangat baik untuk segala hajat yang belum terlaksana (agar disegerakan terlaksana, biidznillah) atau pun yang sudah terlaksana (agar kontinyu kebaikan dan kebermanfaatannya). 

2. Siapa pun yang istiqomah membaca surat Yasin, laki-laki atau perempuan, dan kemudian malaikat Izroil datang, inshaallah diberi kemudahan dalam sakaratul maut dan mendapat husnul khotimah.

Niat membaca surat Yasin, Bismillah titip awak, titip anak, titip suami/istri, titip keluarga, titip tetangga, pokok titip semua, semoga hasil maksud dan kabul hajat dunia akhirat. 


Wallahua'lam.

Terima kasih telah membaca. 


Comments