Masjid-masjid Bersejarah di Indonesia (7): Masjid Agung Bangil

Tahun Pendirian Masjid Agung Bangil 


Masjid Agung Bangil terletak di tengah kota Bangil. Mudah sekali mencarinya karena terletak tepat di sebelah barat alun-alun kota Bangil Pasuruan.


Meski di artifak mihrab masjid tertera tahun 1287 H sebagai tahun berdiri, namun masyarakat setempat meyakini bahwa masjid kebanggaan warga Bangil ini adalah masjid tiban, yaitu bangunan yang tiba-tiba muncul di tengah kota Bangil.


Para ahli sejarah menyebutkan bahwa kemungkinan besar masjid ini didirikan oleh penguasa Bangil pada waktu itu. Hal ini dikuatkan dengan adanya makam Bupati Bangil Raden Sunjotoningrat beserta keluarganya yang terletak di sebelah barat masjid.  Luas komplek makam ini adalah 10 x 20 m yang dikelilingi oleh tembok melingkar. Sayang komplek makam ini tampak tidak terawat.


Termasuk Salah Satu Masjid Terantik Di Indonesia 


Masjid Agung Bangil berdiri dengan megah diatas tanah waqaf seluas 2500 m2 dengan luas bangunan 2000 m2. Mampu menampung 5000 orang jamaah. Meski lebar masjid tidak selebar masjid pada umumnya, namun masjid ini memiliki panjang hampir 3 x masjid biasa. Bisa dikatakan bangunan masjid berbentuk persegi panjang (bukan  bujursangkar yang semua sisinya memiliki panjang yang sama)


Ruang utama Masjid Agung Bangil mempunyai arsitektur Soko Wolu, yaitu tiang penyangga utama yang terdiri dari empat kayu jati, berukuran keliling 120 cm dan tinggi 15 m. Dipasak dengan 8 balok kayu jati berukuran 120 cm dan panjang 7 m. Saat ini ruangan utama masjid telah direnovasi tanpa menghilangkan bentuk aslinya. Ruang utama yang konstruksi kayunya telah rapuh kini sudah diperbaiki tanpa menghilangkan bentuk aslinya dan tampak lebih kokoh dan indah.


Arsitektur demikian menjadikan masjid agung Bangil termasuk salah satu masjid terantik di Indonesia.



Kegiatan di Masjid Agung Bangil


Masjid Agung Bangil ramai dengan berbagai kegiatan keagamaan dan sosial. Mulai dari sholat berjamaah, amil ZIS, pendidikan Al-Quran hingga beberapa halaqoh ilmu yang diasuk kyai-kyai sepuh.


Demikianlah


Wallahua'lam

Malang, 30 Maret 2017

Bunda Farhanah



NB: Masjid ini sangat bersejarah bagi saya pribadi karena di masjid inilah suami merapalkan akad nikah pada 16 Januari 2000. Tsaah....?


#Onedayonepost
#Inspirasi
#masjidbersejarah


FOTO dokumentasi Pribadi








Rubrik Masjid bersejarah lainnya


Comments

  1. saya suka dengan deskripsinya yang jelas dan gamblang, Keep posting

    ReplyDelete
  2. Masjid bersejarah juga untuk mbak Nazlah dan suami ya ��

    ReplyDelete
  3. Dari sini pentingny kita tau sjarah masjid... Sbab masjid merupakan sentral kbaikan... Para pdahulu pndiri masjid tntu niatny tlus, supaya masjid ttp Makmur...

    ReplyDelete

Post a Comment