#MemesonaItu Bila Nyaman dengan Diri Sendiri



     Di jaman sekarang, tampil memesona semakin menjadi kebutuhan saja. Orang-orang, terutama kaum hawa, menyerbu toko busana, perhiasan, sepatu, tas dan mendatangi salon/klinik perawatan kecantikan demi sebuah predikat, memesona.

     Apakah memesona itu? 

     Secara sederhana saya mengartikan bahwa memesona itu memiliki daya tarik. Daya tarik ini sejatinya setiap orang memilikinya. Percaya saja, setiap orang pasti memiliki pesona tersendiri. Tinggal bagaimana mengasahnya. 

    Menurut saya ada satu syarat utama agar bisa memesona yaitu nyaman dengan diri sendiri. Logikanya bila telah nyaman dengan diri sendiri maka kepercayaan diri akan tumbuh sehingga aura pesona itu akan memancar dengan sendiri. 

     Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar bisa nyaman dengan diri sendiri, yaitu: 

1. Bersyukur terhadap segala yang ada pada diri sebagai anugerah dari Tuhan.

     Bersyukur, bersyukur dan bersyukur adalah kunci menjalani hidup. Bersyukur dalam arti seluas-luasnya. Bersyukur membuat kita nyaman, lapang dada, legowo serta dapat mencegah  iri dari apa-apa yang dimiliki orang lain. Bersyukur membuat kita lebih mampu mengenali potensi diri sehingga bisa mengoptimalkannya untuk menutupi kekurangan yang dimiliki. Mengasah potensi itu juga wujud rasa syukur. Misalnya bisa bikin kue, diasah keterampilannya,  bagikan pada orang lain. Bisa menulis, diasah keterampilan menulisnya, bagikan pada orang lain dan seterusnya.  

     Intinya rasa syukur akan memimpin kita untuk selalu berpikir dan bertindak positif. Aura positif tersebut akan menjadi pesona yang memancar.

2. Menjaga dan merawat kesehatan dan kebersihan tubuh.

     Sudah jelas, tubuh yang selalu sehat dan bersih akan menjadikan kita nyaman. Aktifitas dapat berjalan lancar. Lebih jauh lagi, menjaga kesehatan dan kebersihan adalah termasuk salah satu wujud rasa syukur karena kesehatan adalah anugerah terbesar  Makan makanan yang sehat dan halal adalah salah satu usaha menjaga kesehatan. 

3. Memilih pakaian, alas kaki dan asesoris yang nyaman. 

     Pepatah jawa mengatakan ajining rogo soko busono, yang bila diterjemahkan secara bebas berarti berharganya tubuh dari apa yang dipakainya. Agar supaya dihargai, terkadang seseorang rela merogoh kantong dalam-dalam untuk membeli baju model terkini demi sebuah tren, padahal belum tentu cocok dengannya. Buat apa baju model terbaru jika membuat tak nyaman, menghambat aktifitas, gerah dan risih? Alih-alih, bukan pesona yang terpancar malah kepercayaan diri menjadi anjlok. 

     Maka memilih busana yang sederhana, nyaman, sopan, menutup aurat, bersih, rapi namun tetap sedap dipandang adalah penting agar tampil memesona. Simple is beauty kata pepatah.

    Begitu juga dalam memilih sepatu dan pelengkap penampilan lainnya harus mengutamakan kenyamanan. 

4. Memilih wewangian yang membuat nyaman. 

     Sejak dahulu kala manusia telah menggunakan wewangian sebagai media relaksasi atau aroma terapi. Minyak wangi hasil ekstraksi dari berbagai tumbuhan, atau yang istilah kimianya disebut minyak atsiri, telah terbukti mampu mengembalikan semangat yang menurun setelah beraktifitas. Contoh yang sering kita jumpai adalah minyak bunga lavender, mawar, melati, lili atau kesturi.

     Untuk saya pribadi, selain sebagai aroma terapi, wewangian juga berfungsi sebagai pelengkap penampilan yang mampu mendongkrak percaya diri. Namun tentunya tidak sembarang wewangian bisa saya pilih. Saya hanya memilih wewangian yang sesuai dengan kepribadian. Ringan, lembut, tidak menyengat, tidak membuat pusing atau mual dan pastinya suami menyukainya serta anak-anak nyaman berdekatan dengan saya. Poin terakhir ini yang paling penting, karena sebagai seorang wanita yang telah berkeluarga, mengabdi kepada suami adalah hal utama. Termasuk diantaranya tampil cantik dan wangi dihadapan suami.




     Vitalis Body Scent adalah salah satu produk yang mudah didapat dan menjawab kebutuhan akan wewangian yang saya maksud. Setiap pagi setelah mandi saya menyemprotkan Vitalis Body Scent aroma blossom ke tubuh, dan ini langsung memompakan semangat untuk menjalani aktifitas yang padat sebagai fulltime mommy dengan empat anak. Mengantar dan menjemput sekolah, memasak, membersihkan rumah, menemani si bungsu bermain dan terkadang membuat kue pesanan pelanggan adalah kegiatan sehari-hari saya. 

      Begitupun ketika sore setelah mandi saya kembali menyemprotkan Vitalis Body Scent aroma blossom. Wanginya yang ringan dan segar mampu mengendurkan syaraf-syaraf yang tegang setelah aktifitas seharian sehingga saya bisa menikmati malam sebagai waktu istirahat dengan santai. 

     “Hmm, mama wangi….” kata si bungsu dengan suara cadelnya, sesaat sebelum matanya terpejam ketika saya meninabobokannya. 

     Lalu saya pun bisa melakukan me time kesukaan yaitu membaca dan menulis di blog.




Kemasan praktis bisa dibawa dalam tas


Demikianlah #memesonaitu menurut saya. Semoga yang sedikit ini bermanfaat.



Tulisan ini diikutkan dalam blog competition #memesonaitu  bersama Vitalis Body Scent

Comments