Ngabuburead, Ngabuburit Kekinian

       Istilah ngabuburit semua pasti udah pada tahu kan? Ngabuburit adalah istilah bahasa sunda yang berarti menunggu waktu berbuka puasa saat senja. Biasanya diisi berbagai kegiatan santai bersama keluarga, teman atau kerabat sambil menunggu waktu adzan magrib untuk berbuka puasa.

       Namun sekarang rupanya ada trend baru yang semakin diminati yang digagas oleh sekelompok anak muda pecinta buku yaitu ngabuburead. Secara istilah ngabuburead berarti kegiatan menunggu waktu berbuka dengan membaca buku.

       Entah kapan istilah ngabuburead ini muncul. Namun gerakannya semakin tahun terus meningkat dan menjalar di beberapa kota. Jakarta, Bandung, Malang, Jogja, Karawang, Cirebon dan masih banyak lagi. Biasanya komunitas pencinta buku dan literasi di sebuah kota mengadakan ngabuburead di pusat keramaian, di alun-alun atau taman kota misalnya. Mereka akan membuat semacam stan dan menggelar aneka buku mulai dari Kitab suci, novel, komik, kumpulan cerpen, biografi, buku-buku agama dan lain-lain untuk dibaca oleh umum dan bisa dibaca ditempat. Gratis. Bila ingin meminjam buku ke rumah? boleh dengan syarat meninggalkan kartu identitas.

       Tentu kegiatan ini sangat positif. Selain meningkatkan minat baca masyarakat juga bertujuan untuk mengoptimalkan bulan ramadhan dengan kegiatan bermanfaat.
      

Malang, 8 Juni 2017/13 Ramadhan 1438

Comments

  1. Kegiatan yang sangat positif dan patut diapresiasi nih, mbak. Di daerahku belum ada, semoga segera menyusul diadakan kegiatan seperti ini di daerah lain, sehingga minat baca masyarakat makin meningkat :)

    ReplyDelete

Post a Comment