Review Buku: Perempuan Karier & Pendidikan Anak, Ninik Masruroh

#HariSantri2017 #ReviewKaryaSantri #SantriPenulis #EmakPenulis



Review Buku: Perempuan Karier & Pendidikan Anak, Idealitas Pola Pembelajaran Playgroup, Ninik Masruroh


Penulis: Ninik Masruroh
Penerbit: Rasail Media Group
Kata Pengantar: Khofifah Indar Parawansa (Ketua Umum PP.Muslimat NU)
Editor: Mukni’ah, M.Pd
Proof Reader: Umiarso
Desain Cover: Sagha Grafika Solusindo Semarang
Tebal: 200 halaman, 14 x 21 cm
Genre: Nonfiksi, Pendidikan Islam



Mereview buku nonfiksi karya Ninik Masruroh ini, membuat saya harus membacanya berulang-ulang. Berat kakak hehehe. Tapi baiklah saya akan coba.


Berbicara perempuan memang tak ada habisnya.  Tuhan menciptakan makhluk yang indah ini dengan segudang talenta. Perempuan pendamping lelaki, perempuan adalah sekolah pertama, perempuan adalah pendidik generasi, perempuan tiang negara. Ini adalah peran perempuan yang sering kita dengar, dan memang inilah tugas utama perempuan. 


Namun seiring kemajuan jaman dan meningkatnya kebutuhan manusia, peran perempuan ikut melebar. Perempuan ikut bekerja dan berkarya dalam banyak elemen masyarakat. 


Bekerja adalah upaya aktualisasi diri manusia untuk mencari karunia Tuhan (rezeki) di bumi dan merupakan proses penemuan diri sekaligus pencanan hasil yang bisa dimanfaatkan guna memenuhi kebutuhan lahir dan batin manusia.


Artinya adalah perempuan memiliki hak bekerja dalam berbagai lapangan di dalam maupun di luar rumah, baik secara mandiri atau bersama orang lain, dengan lembaga pemerintah maupun swasta selama pekerjaan tersebut dilakukan dalam suasana terhormat, sopan dan terpelihara agama dan akhlaknya.


Pada masa Rasulullah pun, perempuan digambarkan sebagai makhluk yang aktif, sopan dan bebas tetapi tetap terpelihara akhlaknya.


Dalam buku ini, Ninik Masruroh mencoba memberikan gambaran tentang peran ganda perempuan sebagai penerus dan pendidik generasi sekaligus perempuan karier yang bekerja di luar rumah.


Juga tentang gambaran keterkaitannya dengan pendidikan anak pra sekolah yang baik, yang merupakan pendidikan dini, sebagai pembentuk perilaku anak yang unggul.


Ya, semua pasti sepakat bahwa pendidikan memang salah satu ikhtiyar melahirkan generasi unggul. Yang mana pendidikan ini adalah tugas bersama seluruh elemen masyarakat, sekolah, lingkungan, ayah damnterutama sekali seorang ibu. Self Reminder sekali buat saya. 



Untuk kelemahan buku ini, mungkin yang paling mengganggu adalah gambar perempuan pada sampul buku, yang kurang sesuai. Menurut saya akan lebih tepat bila menggunakan gambar perempuan berhijab.



Tentang Ninik Masruroh

Ninik Masruroh lahir di Bangil 8 April 1951. Putri pasangan KH. Abdul Hamid dan Ny. Athiyyah ini menyelesaikan pendidikan dasarnya di Bangil lalu melanjutkan studinya di Muallimat Pondok Pesantren Bahrul Ulum Jombang.  Selanjutnya kuliah di IAIN Sunan Ampel Surabaya untuk S1, menyelesaikan program magister di Universitas Islam Malang dan doktoral di UIN Maliki Malang. Pernah mengajar di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nazatut Thullab Sampang pada 1987-1999. Sampai sekarang masih aktif mengajar di Sekolah Tinggi Agama Islam Pancawahana Bangil.

Salah satu buku karya Ninik Masruroh yang lain dan menarik untuk dibaca adalah Modernisasi Pendidikan Islam yang ditulis bersama rekannya, Umiarso, M.Pdi.




Comments

  1. Umur 50an masih produmtif.. ya Allah ... sentilan banget buat kita yang masih muda

    ReplyDelete
  2. Subhanallah.........bagus sekali ulasannya bunda....
    Ini juga bisa dijadikan motivator bagi kaum perempuan jaman sekarang.
    Dimana perempuan jaman sekarang masih banyak yang lebih cenderung mengabaikan kodratnya....he..he..ini juga sebagai self reminder .
    Semoga kita semua menjadi perempuan yang sesuai dengan syariat islam...
    Aamiin....


    ReplyDelete

Post a Comment