Pantai Camplong, Tak Pernah Kehilangan Pesona







Pulau Madura adalah salah satu pulau yang terletak di timur laut pulau Jawa. Secara geografis, Madura dikelilingi oleh beberapa laut. Yaitu,
Sebelah utara: Laut Jawa
Sebelah selatan dan barat: Selat Madura
Sebelah Timur: Laut Sulawesi dan Laut Bali

Hal tersebut menjadikan Madura kaya akan potensi wisata pantai. Indah dan eksotis tak kalah dengan pulau wisata Bali dan Lombok. Sebut saja pantai Camplong dan Nepa di Sampang, Pantai Lombang, Slopeng, Gili Labak, Mamburit, Ponjuk Timur di Sumenep, Talang Siring dan Jumiang Pamekasan, Siring Kemuning, Rongkang dan Sambilangan di Bangkalan.

Sebagai seorang yang lahir dan besar Madura, saya harus akui baru beberapa pantai saja yang saya kunjungi, antara lain Camplong, Talang siring, Lombang dan Slopeng. Hiks sediiih banget, semoga masih ada kesempatan di waktu mendatang untuk mengeksplor pantai di pulau kelahiran. Amin.

Nah kali ini saya akan mereview salah satu pantai yang terletak di Kabupaten Sampang yaitu pantai Camplong.

Bagi saya, Camplong adalah pantai yang tak asing. Dari kecil mainnya udah kesini, sih, karena memang dekat dengan kediaman keluarga kami di kota Sampang (setengah jam perjalanan dengan mobil). Bisa dibilang, Pantai Camplong adalah andalan warga kota Sampang dan sekitarnya untuk menghabiskan hari libur bersama keluarga. Ada fasilitas penginapan juga, yaitu hotel Camplong.

Camplong terletak di jalur propinsi yang menghubungkan Sampang dan Pamekasan. Letak strategis ini membuatnya  selalu ramai dikunjungi orang. Untuk lebih jelas, mari kita lihat peta di bawah ini

Peta Pantai Camplong, sumber gambar dari Google

Bila kita lihat di peta, pantai Camplong menghadap ke Selat Madura (Madura Strait). Inilah yang menyebabkan pantai Camplong  tidak memiliki ombak yang besar, namun tenang dengan angin pantai yang bertiup sepoi membuat pantai ini aman dan nyaman dibuat berenang atau sekedar main air. Berbeda misalnya dengan salah satu pantai lain di Madura yang menghadap ke Laut Jawa seperti Slopeng yang memiliki ombak lebih besar. 

Bahkan di Camplong banyak disewakan perahu untuk mengililingi pantai yang tenang dengan durasi waktu 30 menit sampai satu jam. 









Foto-foto di atas adalah dokumentasi pribadi diambil tahun 2010. 


Asyiknya lagi, sebagai pantai yang menghadap selatan, pantai ini menghadirkan pemnadangan indah pada saat matahari terbenam. Ingin melihat sunset di Camplong? datanglah saat menjelang senja. 

Sunset di Camplong, gambar diambil dari Google

Sebagai salah satu tempat wisata andalan Kabupeten Sampang, Pantai Camplong kini terus dibenahi. Ada beberapa fasilitas yang dibangun pihak Pengelola untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Termasuk beberapa spot menarik untuk berfoto ria.

Namun sayang, pengaturan lapak bagi para pedagang masih semrawut sehingga mengurangi keindahan pantai.

 




Hotel Camplong

Hotelnya berkonsep cottage euy

Ini penampakan salah satu kamar di hotel Camplong










Malang, 10 Juli 2018/ 26 Syawal 1439 H


Comments