Kebun Teh Wonosari Malang, Wisata Botani Di Jawa Timur (2)





Setelah berkunjung ke Kebun Raya Purwodadi, kami langsung menuju destinasi berikutnya yaitu Kebun Teh Wonosari. Untuk membaca tulisan tentang Kebun Raya Purwodadi klik di sini.

Kebun Teh Wonosari terletak di desa Wonosari Kecamatan Singosari Malang. Untuk mencapainya sangat mudah. Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi, dari arah kota Malang membutuhkan waktu 30-60 menit, sedangkan dari arah kota Surabaya membutuhkan waktu 1,5-2 jam. Jadi dari jalan poros Surabaya Malang, tepatnya di kota Lawang ada papan petunjuk yang menunjukkan arah Kebun Teh Wonosari 10 km ke arah barat melalui sebuah jalan di sebelah pasar Lawang. Bila naik kendaraan umum, dari arah Surabaya atau Malang anda bisa berhenti di terminal Lawang lalu naik angkutan yang menuju Kebun Teh Wonosari yang banyak tersedia di sana. Tak perlu khawatir dengan jalan yang berkelok, karena jalannya mulus.

Kebun Teh ini terletak 950 - 1250 m dari permukaan laut di lereng gunung Arjuna. Sudah tentu sejuk banget dengan panoroma pegunungan yang indah ditambah pemandangan hamparan pohon teh seluas lebih dari seribu hektar membuat badan sekaligus otak sangat dimanja, lepaslah segala penat.


Hamparan teh serupa permadani. Gambar diambil dari Google

Awalnya perkebunan teh yang didirikan sejak tahun 1910 ini dikelola oleh PTPN Wilayah XII hanya sebagai perkebunan dan pabrik teh saja. Namun kemudian pemerintah sebagai pemegang saham terbesar di PTPN memutuskan membuka area perkebunan ini untuk umum sebagai agro sekaligus wana wisata. Jadi selain berekreasi, pengunjung sekaligus bisa menimba pengetahuan seputar teh.

Selain pemandangan hamparan teh yang memanjakan mata, pengelola juga melengkapi dengan beberapa wahana seperti, flying fox yang meluncur di atas hamparan teh, kereta kelinci, kuda wisata, kendaraan ATV, penginapan, rumah makan, melihat kegiatan petani memetik teh dan proses pembuatan teh di pabrik teh Wonosari sampai toko souvenir. Yang saya baru tahu, ternyata daun teh yang dipetik adalah yang daun yang paling pucuk atau yang muda saja.

Dan pastinya, kebun Teh Wonosari sangat instagramable as usually you love :D.


Kebun teh dengan latar gunung Arjuno



Seru-seruan


Jelang senja


Uhuk



Di antara hamparan teh, terdapatlah sebongkah besar batu gunung yang menjadi pijakan mereka

Harga Tiket Masuk

Weekday: 8000/orang
Weekend: 12000?orang

Murah meriah tak? Semakin hari destinasi ini semakin populer lho, tak kalah dengan Kebun Teh Puncak Bogor Jawa Barat. Cuss lah agendakan ke sana bersama orang-orang tercinta.

Comments

Post a Comment