Kisah Nabi Isa as (1): Keluarga Imron

Nabi Isa adalah salah satu Nabi yang istimewa. Sejak kelahirannya, yang tanpa ayah sebagai bukti ke Maha-Segalaan Allah, peristiwa penghianatan salah satu murid sampai pengangkatan Nabi Isa ke langit adalah kisah yang wajib kita ketahui dan yakini dalam rangka mempertebal keimanan kepada Allah Tuhan seluruh alam.
Membaca kisah Nabi Isa, alangkah afdhol bila kita mulai dari  membaca kisah Bunda Maryam sebagai anggota keluarga Imron, salah satu keluarga yang agung dan dipilih Allah. 

Serial tulisan tentang Nabi Isa ini belum bisa dikatakan lengkap atau sempurna atau bahkan ada kekeliruan (mohon dikoreksi) karena keterbatasan ilmu Penulis, namun tetap berharap semoga banyak hikmah yang dapat diambil terutama bagi penulis sendiri. Aamien

Keluarga Imron

Surat Ali Imron ayat 33-34

ذُرِّيَّةً ۢ بَعْضُهَا مِنْۢ بَعْضٍۗ وَاللّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌۚ  اِنَّ اللّٰهَ اصْطَفٰىٓ اٰدَمَ وَنُوْحًا وَّاٰلَ اِبْرٰهِيْمَ وَاٰلَ عِمْرَانَ عَلَى الْعٰلَمِيْنَۙ 


Arti:
Sesungguhnya Allah telah memilih Adam, Nuh, keluarga Ibrahim dan keluarga Imran melebihi segala umat (pada masa masing-masing). (sebagai) satu keturunan, sebagiannya adalah (keturunan) dari sebagian yang lain. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.

Keluarga Imran dinisbatkan pada seorang bernama Imron bin Al-Azar bin Al-Yud dan terus sampai kepada Nabi Daud as. Diriwayatkan, Imron adalah seorang saleh, alim, bijak dan pemuka agama di kaumnya. Imron bukan Nabi, tapi Allah memilih ia dan keluarganya melibihi segala umat (pada masa masing-masing).

Anggota keluarga Imran tidak banyak, yaitu:

1. Istri Imron
Diriwayatkan istri Imron ini bernama Hannah binti Faquz. Ada juga yang menyebut Qouda bin Qubaila. Nasab istri Imron bersambung sampai Nabi Harun as
Istri Imron adalah seorang perempuan yang salehah, lembut hatinya dan ahli ibadah. 

Istri Imron memiliki saudara perempuan bernama Asya/Isya yang dinikahi Nabi Zakariya.  Pasangan ini memiliki anak Yahya as.

2. Maryam binti Imron
Maryam adalah putri Imron dan Hannah. Maryam dinazarkan oleh ibunya untuk berkhidmah di Baitul Maqdis. Yatim piatu sejak kecil. Imron, ayahnya, meninggal ketika Maryam masih dalam kandungan. Lalu Hannah, ibunya, meninggal beberapa waktu setelah melahirkan Maryam. Tapi ada juga riwayat lain yang mengatakan bahwa Hannah sempat ikut merawat dan menyusui Maryam.

Di Baitul Maqdis, Maryam  ditempatkan di sebuah bilik (di lantai dua) dan diasuh oleh Nabi Zakariya (Suami dari saudara Ibunya Maryam).

3. Isa Alaihissalam
Putra Maryam, cucu Imron dan Hannah yang kelak Allah memilihnya sebagai Nabi dengan gelar Kalimatullah. 

 
Wallahua'lam

Baca Seri Kisah Nabi Isa yang lainnya:
1. Maryam, Anak yang Dinadzarkan 
2. Kelahiran Nabi Isa as 
3. Isa diutus menjadi Nabi dan Rasul 
4. Bagaimana Hawariyyun Sepeninggal Nabi Isa 
5. Turunnya Kembali Nabi Isa ke Bumi  

Comments