Flip, Solusi Kirim Uang Beda Bank Bebas Biaya Admin

Salam pembaca budiman,

Biaya transfer beda Bank sebesar Rp. 6.500 per transaksi lumayan juga. Apalagi kalau dikalikan sekian transaksi, bikin pusing. 

Tapi sekarang, ada aplikasi mudah transfer antar Bank gratis. Namanya Flip yang didirikan pada 2015 oleh tiga orang bersahabat. Waktu itu mereka, Ari, Anjar dan Lukman masih mengenyam pendidikan di Jurusan Ilmu Komputer UI.

Sebagai mahasiswa, adakalanya kiriman dari orangtua mengalami keterlambatan. Maka jadilah mereka saling meminjam satu sama lain, dan akan segera dibayar jika uang dari Ortu telah masuk.

Namun sayang, ketiganya memiliki nomor rekening dari Bank berbeda sehingga mengharuskan membayar Rp. 6.500 untuk membayar hutang yang nominalnya tak seberapa. Untuk ukuran anak kos, 6,5 k itu bisa untuk membeli makan siang.

Dari keresahan itu, muncullah ide untuk membuat sesuatu yang bisa memangkas biaya transfer antar Bank. Sehingga dari sini-lah aplikasi Flip terbentuk.

Sampai saat ini, Flip telah mengantongi lisensi operasional dari Bank Indonesia dan menggandeng 14 Bank dalam negeri. Mereka adalah, BCA, Mandiri, BNI, BNI Syariah, Permata, BSM, BRI, BTPN, CIMB Niaga, CIMB Niaga Syariah, Bank Muamalat, Bank Permata Syariah, BTPN wow.

Bila inginkan gunakan aplikasi ini, anda harus mengunduhnya terlebih dahulu di Google Play Store. Lalu membuat akun dengan email anda, baru anda bisa masuk dan menggunakan beberapa fitur yang tersedia termasuk kirim uang beda Bank gratis biaya admin.

Mungkin anda akan kagum, kok bisa Flip memangkas biaya admin? Sebenarnya konsepnya mudah. Cara kerja transfer antar Bank di Flip begini, punya rekening tandon di ke empatbelas Bank. Ketika ada seorang dengan rekening BNI ingin transfer ke BCA, maka Flip akan memintanya mengirim ke rekening tandon mereka di BNI terlebih dahulu, free biaya admin kan? Nah setelah dipastikan dana masuk di BNI-nya Flip, maka selanjutnya akan dikirim ke rekening BCA sebagai Bank tujuan, melalui rekening tandon di BCA.

Untuk itu, Flip akan memberikan angka kode (nominal) unik pada tiap transaksi sebagai penanda. Nominal unik tidak ikut terkirim ke rekening tujuan, melainkan dikembalikan pada pengirim berupa saldo di Flip yang sewaktu-waktu bisa dicairkan. 

Untuk transaksi di atas 500 K diharuskan verifikasi akun dengan cara mengunggah foto diri dan KTP. Sedangkan untuk transaksi di atas Rp. 5 juta, akan dikenakan biaya admin sebesar Rp. 2500.

Saya pribadi, sangat terbantu dengan aplikasi ini terutama untuk masa-masa sekarang di mana transaksi online semakin meningkat. 

Sedangkan sedikit kelemahan aplikasi ini yaitu ketika kita mengirim uang ke rekening tandon Flip, secara de jure, dana tersebut sudah menjadi milik Flip. Nah disinilah, misal saja mereka tak mengirimnya ke tujuan, kita tak bisa "menuntut".

Tapi tentu ini tidak akan terjadi karena Flip adalah lembaga jasa keuangan yang kita yakini amanah. 

Oiya satu lagi, kini Flip juga membuka layanan BigFlip untuk transaksi yang nominalnya lebih besar dan jangkauan lebih luas. Tapi sampai saat ini saya belum pernah memakainya. 

Demikianlah review ini, semoga bermanfaat.


Malang, 14 Oktober 2020


 

Dana kita kirim ke rekening tandon Flip yang sama dengan rekening kita. Jangan lupa kode uniknya

Bila sudah terkirim akan ada notifikasi seperti ini

Fitur-fitur yang ada di Flip


Comments

  1. Syukurlah sekarang sudah ada aplikasi untyk transfer antar Bank dengan bebas biaya. Sangat berguna bagi orang-orang yang sering bertransaksi antar Bank seperti para pebisnis. Rasanya kita tidak perlu ragu menggunakan FLIP ini karena sudah mengantongi izin dari Bank Indonesia dan terdaftar resmi di OJK.

    ReplyDelete
  2. Wah baru tahu nih sy ada flip. Selama ini sll trf beda bank dg cr manual tentu saja potongannya itu lo....

    ReplyDelete
  3. Flip ini sudah aku pakai 2 tahun terakhir dan memang sangat membantu ya mbak untuk hemat biaya admin.
    Apalagi klo salah nominal transfer bisa di-refund lagi dananya dan kita transfer ulang lagi. Gak nyangka pendirinya berawal dari anak-anak kos :)

    ReplyDelete
  4. waaa aku juga pakai filp mbak, enak banget nggak kena biaya. sayangnya dibatasi waktu transaksi ya, nggak bisa 24 jam. tp overall sangat terbantu dengan aplikasi filp ini

    ReplyDelete
  5. Saya sudah pake flip. Dan senengnya dapet saldo lagi dari Flip. Temen saya saldo dari flip sudah 900rb. Lumayan buat beli sepatu Skechers huhu

    ReplyDelete
  6. Waa sdh dngr lama tentang flip ini tp baru tau proses kerjanya ky gini.
    Lahir dari mahasiswa lagi

    Kwereeen nih

    ReplyDelete
  7. Saya sudah pakai flip dan sangat membantu sekali untuk kegiatan bisnis online saya

    ReplyDelete
  8. Memang uang 6,500 itu kalo dikaliin jadi banyak ya hi, hi, hi. Di sini uang segitu udah bisa buat beli nasi kucing sama lauknya lho!

    ReplyDelete
  9. Aku pernah download flip. Tapi gak bisa verifikasi data. Jadi gak bisa dipake. Gimana cara verifikasinya ya mbak? Selain fotoin ktp? Ktpku gambarnya kabur. Mungkin itu bikin gak bisa.

    ReplyDelete
  10. aku juga baru pake flip tahun ini mbak, dulu mikirnya yaudah cuma 6500 ini. tapi ga kerasa juga transaksi tuh sering banget beda bank. eh dulu aku skeptis nanti lama ribet, ternyata enggak mudah dan cepet ya!

    ReplyDelete
  11. Kebetulan aku langganan pakai Flip. Memang memudahkan banget, ga perlu worry saya biaya admin. Serunya akumulasi kode unik bisa buat beli pulsa

    ReplyDelete
  12. Nah iya, salah satu customer aku pernah transfer lewat Flip. Katanya bebas admin. Aku jadi tertarik buat download deh

    ReplyDelete

Post a Comment