Antara Emas, Buku Dan Parenting (5): Pilih Emas Digital Atau Fisik?

 Antara Emas, Buku dan Parenting (5) Emas Digital atau Fisik? 


Ada beberapa cara menabung emas. Bahkan di zaman serba digital ini, ada yang namanya emas digital. Saya belum paham benar tentang emas digital ini. Setahu saya Ini adalah semacam jual beli emas tanpa memegang emasnya secara fisik. 


Jadi di emas digital, awalnya anda akan membuat akun di sebuah lembaga per-emas-an (apa ya istilahnya) lalu anda akan membeli/menabung emas melalui akun tersebut. Jumlah gramasi yang tercatat adalah sesuai uang yang anda setor dan harga emas saat itu.  Kelak bila butuh uang,  anda bisa menjualnya. Di akun tersebut ada fitur buyback yang juga sesuai dengan harga emas saat itu. Praktis memang, dan mungkin lebih aman ya, karena tidak perlu bawa-bawa emas fisik. Bila sudah sampai pada gramasi tertentu, Anda juga bisa mengambil fisik emas anda. Tentunya ada tambahan biaya cetak emasnya.


Bagi anda yang memilih membeli atau menabung di emas digital, ada baiknya anda memilih lembaga yang terpercaya. Yang saya tahu adalah program Tabungan Emas di Pegadaian (saya pernah mencoba program ini beberapa tahun lalu).

Lalu ada juga program Brangkas_LM di PT. Aneka Tambang (Antam).


Di balik kontroversi emas digital, dan dulu pernah mencobanya, saya pribadi lebih menyukai menabung emas secara konvensional. Yaitu beli tunai dan pegang emasnya. Rasanya lebih  sreg.


Kebiasaan menabung emas memang sudah terbentuk karena Ibu saya juga demikian. Ibu  tuh dulu, punya uang berapa, dirupakan emas perhiasan dst. Ternyata kemudian, tidak terbayang sebelumnya, jika kemudian saya kini terjun di bisnis emas. Masih kecil-kecilan sih, tapi lumayan banget sudah jalan. Melampaui angan malah. Alhamdulillah. Konon dulu, ibu mertua juga jual beli emas, lho...jadi de javu aja. Semoga menjadi jalan rejeki keluarga kami...amien. 


Jangan berpikiran aneh-aneh. Kapan hari ada juga yang nanya, saya jualbeli emas gimana sih?

Saya jawab, ya biasa saja. Jual beli biasa, saya nyetok lalu jual. Saya jual anda beli dan bawa emasnya, gitu aja. Pembayaran bisa tunai atau via transfer.

Bagi anda yang ingin menabung emas secara fisik, atau tanya-tanya tentang kepingan emas 24 K...baik MiniGold atau Antam...boleh japri...Tanya gratis, kok. Beli? Bayar dong hehehe.





Malang, 10 Januari 2021



Comments