Review Novel Sociophilia Karya Febri Purwantini



 Judul: Sociophilia

Penulis: Febri Purwantini

Penerbit: Penerbit Cerita Kata

Tahun: 2020

Genre: Fiksi, Romance

Tebal: 210 Halaman


Isi cerita

Fina, gadis manis berhati lembut. Seperti halnya fresh graduate pada umumnya, ia mengirimkan lamaran ke mana-mana. Setelah lama menunggu, ia akhirnya diterima di perusahaan garmen berlevel eksport di Ibukota sebagai staf PPIC (Production Plan and Inventory Control).

Berangkatlah gadis itu ditemani abangnya dari Bandung ke Jakarta dengan semangat membara. Semua dipersiapkan dengan baik, kosan, baju-baju kerja, sepatu dan semuanya. 

Tapi, baru sehari bekerja ia sudah uring-uringan. Banyak penyebabnya, dua di antaranya adalah adaptasi yang harus ia sesuaikan dengan ritme kerja yang cepat dan atasan yang "aneh bin ajaib". Faktor terakhirlah yang paling menentukan.

Ya, di perusahaan itu, Fina harus bertemu dengan atasan yang selalu menekannya. Padahal sebagai staf, Fina sudah berusaha menunaikan tugas dengan baik, tapi selalu saja salah di mata bos. Belum lagi tekanan secara verbal yang terang-terangan dilontarkan atasannya itu. Sungguh menyakitkan hati. 

Fina merasa tidak dihargai. Akhirnya setelah mencoba bertahan beberapa bulan, ia melayangkan surat resign. Kematian Akung dan seorang tetangga kosnya yang diterima sebagai tenaga sosial telah menyadarkan Fina bahwa passionnya bukan di perusahaan itu, tapi di bidang pelayanan sosial kemasyarakatan. Hati Fina sangat senang jika melihat senyum tulus mengembang dari siapa pun orang yang telah dibantunya. 

Keputusan resign ini ternyata membuat bosnya kelimpungan, karena sebenarnya Fina adalah staf yang berdedikasi. Tapi keputusan sudah bulat dan tak mungkin ditarik. Apalagi Fina telah diterima sebagai tenaga sosial di kota Solo, di mana neneknya tinggal. Fina akan tinggal di sana menemani nenek yang sendirian setelah kematian Akung (kakek).

Ohya, bagaimanakah dengan kisah cinta Fina? Tentu gadis ini juga mengalami konflik percintaan. Cukup rumit malah, dengan teman sekantor yang ganteng, mapan dan selalu memperhatikannya. Belum lagi, beberapa masalah dengan tetangga kosnya. 

Tapi akhirnya, Fina melabuhkan cinta pada sahabat sejak masa kecil, yang bahkan tak pernah ia pikirkan akan berjodoh dengannya. 

Fisik Buku

Secara teknis keseluruhan, tampilan buku, bagus. Kover menarik, berwarna merah menyala mengundang perhatian sejak awal melihatnya. Ketikan rapi, tidak ditemukan ada typo yang berarti.


Penasaran dengan novel ini? yang Malang dan sekitarnya bisa merapat di Rumah Baca Hakky Mojolangu Kota Malang.


Tentang Penulis

Febri Purwantini adalah ibu tiga anak yang suka membaca sejak kecil. Di sela kesibukan menjadi istri, mengasuh anak dan profesinya di sebuah Rumah sakit, ia tetap produktif menulis. 

Novel ini adalah novel perdana, sudah pernah tayang di Wattpad sebelumnya, yang kemudian diterbitkan. Selain roman, Febri juga produktif menulis buku cerita anak, beberapa di antaranya terbit di penerbit mayor. 

Febri bisa dihubungi di FB dan IG atas nama Febri Purwantini. Yuk kepoin beliaunya. Novel terbarunya di Wattpad sudah bertanda complete, lho. Cuss aja intip. 

Comments