Doa-doa Singkat Yang Bisa Dibaca Saat Memeluk Atau Menyentuh Buah Hati, Parenting Sharing

Ilmu psikologi mengabarkan bahwa sentuhan ringan dan lembut dari orang tua, sangat berarti bagi anak. Bila sering disentuh, dibelai, dipeluk dan dicium anak akan merasa disayang, dipedulikan, diinginkan dan dilindungi. Dengan demikian, secara alamiah, anak akan nyaman terhadap diri sendiri dan lingkungan sehingga timbullah rasa percaya diri.

Mengenai sentuhan, pelukan dan ciuman pada anak-anak, telah dicontohkan Rasulullah. Beliau selalu menyempatkan waktu untuk bercanda, memangku, membelai, mengusap kepala hingga mencium cucu-cucunya. Tak cukup di situ, tidak hanya membelai atau menyentuh saja, pastinya Nabi juga menyelipkan doa dan harapan kebaikan untuk cucu-cucunya, dalam segala kesempatan termasuk ketika bercanda dengan mereka.

 Meneladani para Nabi serta para alim dan salihin, berikut doa-doa singkat yang bisa kita baca setelah salat atau bisa juga dilafazkan lirih ketika memeluk, mengusap atau menyentuh buah hati.

 1. Robbi hablimminassholiohin (Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak)yang termasuk orang-orang saleh). Doa ini adalah doa Nabi Ibrahim ketika memohon diberi keturunan, terekam dalam QS. As-Saffat:100.

2. Robbij'alni muqimassholaati wa min dzurriyati Robbana wa taqobbal du'a. (Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat. Ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.) Doa ini dipanjatkan Nabi Ibrahim agar dirinya dan anak keturunannya dijadikan orang yang mendirikan salat. Terekam dalam QS. Ibrahim: 40.

 3. Robbana hablana min Azwajinaa wa dzurriyatinaa QURROTA A’YUN, WAJ’ALNA LILMUTTAQINA IMAMAA.” (Wahai Robb kami, karuniakanlah pada kami dan keturunan kami serta istri-istri kami penyejuk mata kami. Jadikanlah pula kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertakwa). Doa ini juga doa Nabi Ibrahim as, agar dikaruniai pasangan dan keturunan yang menyejukkan mata. Terekam dalam QS. Al Furqon:74.

 4. “ROBBI AWZI’NI AN ASYKURO NI’MATAKALLATI AN ‘AMTA ‘ALAYYA. WA ‘ALA WAALIDAYYA WA AN A’MALA SHOLIHAN TARDHOH, WA ASHLIH LII FI DZURRIYATIY” (Wahai Robbku, ilhamkanlah padaku untuk bersyukur atas nikmatmu yang telah Engkau karuniakan padaku juga pada orang tuaku. Dan ilhamkanlah padaku untuk melakukan amal sholeh yang Engkau ridhoi dan perbaikilah keturunanku) (QS. Al Ahqof:15)

 5. Allahummaj'alnaa wa auladanaa min ahlil ilmi alhli khoyr wa laa taj'alna min ahlid dhoir. (Ya Tuhan kami, jadikanlah kami dan anak-anak kami termasuk dalam ahli ilmu dan kebajikan, jangan jadikan kami termasuk golongan orang-orang yang ahli kejelekan)

 6. Allohumma innaa hadzaa ibnii wa ana uhibbuhuu fa ahbibhu wa ahibba man yuhibbuhu. Artinya: Ya Allah, ini adalah anakku dan aku sangat mencintainya. Karena itu, cintailah dia, dan cintailah orang yang mencintainya.

Doa ini adalah doa Nabi Muhammad SAW saat memeluk cucu beliau, Sayyidina Hasan

 7. Sering-sering membacakan surat Al-Fatihah ketika menatap anak-anak kita sambil sebut namanya. Bisa tambah dengan salawat dan surat Al-Inshiroh.

 

 Demikianlah, semoga dimudahkan ya. Semoga anak-anak tumbuh menjadi anak-anak yang saleh-salehah, muslih-muslihah, sehat jiwa raga, bagus, selamat bejo sukses dunia akhirat. Aamin

 


Comments