Masjid Jogokariyan Yogyakarta



Bagi anda yang suka mengamati dan mengunjungi masjid-masjid bersejarah saat traveling, ada baiknya jika DIY, selain Masjid Gede Kauman, anda  bisa juga mengunjungi Masjid Jogokariyan di Jalan Jogokariyan Kecamatan Mantrijeron Yogyakarta.

Secara fisik bangunan, jika dibandingkan dengan masjid Gede Kauman yang sarat nilai sejarah karena dibangun di era 1700 -an M, tentu Masjid Jogokariyan "tidak ada apa-apanya", karena bangunan masjid ini seperti pada umimnya. 

Tapi tentang program-program yang membumi, padat karya dan menebar manfaat bagi lingkungan sekitar, Masjid yang dibangun tahun 1966 ini tak bisa dipandang sebelah mata.

Telah banyak program yang berhasil dilaksanakan serta memberikan kontribusi besar dan manfaat nyata bagi masyarakat. Antara lain:

1. Buka 24 Jam.

2. Penginapan gratis untuk musafir dengan fasilitas yang baik.

3. Saldo infak nol, karena habis untuk berbagai amal dan kegiatan positif.

4. ATM beras, siapa pun boleh menaruh beras dan yang boleh mengambil beras adalah mereka dari kalangan penduduk sekitar yang telah mendaftar atau terdaftar (ada kartunya) sebagai yang berhak menerima santunan beras. 

5. Menyediakan sedikitnya 1000 piring makanan berbuka puasa bersama selama bulan Ramadhan.

 6. Merangkul dan membina pengrajin dan UMKM di sekitar. 

Dan banyak lagi program lainnya. Masyaallah keren sekali. Semoga selalu berkah dan dimudahkan dalam menebar kemanfaatan. Aamien. 













Comments