Kirim Motor Malang-Bandung Via JNT Cargo

JNT Cargo Malang Outlet MLG009B


Salam pembaca

(Bila anda sekarang sedang mencari informasi pengalaman riel mengirim motor ke luar kota via JNT Cargo, anda bisa membaca tulisan singkat ini.)

Ketika hendak mengirim motor kepada nak bujang di Bandung, kami dihadapkan pada beberapa pilihan ekspedisi. Mulai dari KAI logistik hingga ekspedisi yang kargo-kargo gitu. Tentunya kami ingin ekspedisi yang terpercaya kan, ya. Apalagi ini motor.

Awalnya kami hendak menggunakan jasa KAI log saja. Kabarnya mengirim motor Malang-Bandung bisa sampai dalam semalam jika bisa ikut KA Malabar sore itu juga, ongkir lebih ekonomis pula. Tapi setelah lihat teknis distribusi di kota tujuan, ternyata harus diambil sendiri ke Stasiun Bandung, sedangkan nak bujang domisilinya di Jatinangor (1-1,5 jam ke Bandung). Jadi daripada ribet, maklum nak bujang masih maba yang belum pengalaman Bandung dan sekitarnya, maka KAI log terpaksa dihapus di list. 

Kami pun mencari ekspedisi yang bisa mengantar barang sampai di alamat tujuan. Pada akhirnya pilihan jatuh pada JNT cargo (warna hijau), dengan estimasi pengiriman 3-4 hari. Kebetulan di dekat rumah kami ada markas JNT Cargo. Syarat pengiriman motor yaitu harus bisa menunjukkan KTP asli pengirim dan penerima, surat STNK dan buku kepemilikan yang sah (BPKB), serta sanggup membayar ongkirnya (ya jelaslah :D). Tanpa menunjukkan semua surat sah tersebut, maka pihak ekspedisi akan menolak.

Surat-surat tersebut bisa dikirim bersamaan dengan motornya, atau dikirim terpisah. Kemarin, STNKnya kami kirim bersamaan, tapi BPKB tetap di Malang, tidak ikut dikirim.

Pada resi yang kami terima, bertanggal Sabtu, 19 Agustus 2023: motor tercatat memiliki berat 180 kg dengan volume 1500 m3. Biaya pengiriman Malang-Bandung Rp. 512.600 plus biaya asuransi Rp. 5000 dan biaya pengepackan Rp. 150.000. Jadi total Rp. 662.600. Oiya, biaya pengepackan tidak termasuk dalam biaya resmi resi, karena pengepackan tanggung jawab pengirim meski dilakukan/dibantu oleh pegawai ekspedisi. Satu hal yang harus diperhatikan sebelum mengepack motor untuk dikirim, tangki bahan bakar harus kosong untuk meminimalisir kejadian yang tidak terduga.


Pengepackan dilakukan berlapis, untuk menjaga keamanan. Helm, jaket, kunci, spion, karpet semua dibungkus tebal dengan bublewrap, ditutup dengan kardus kemudian terakhir dibungkus dengan karung. Bisa dilihat di foto, ya. Dari nomor waybill yang tertera di resi kita bisa memantau tracking motornya sampai di mana. 

Barang tiba kos nak Bujang di Jatinangor pada hari Kamis, 24 Agustus 2023 malam. Terhitung 6 hari kerja sih pengirimannya, tapi tidak apa. Kami memaklumi karena motor adalah barang besar, tentu berbeda dengan pengiriman barang kecil di bawah 10 kg, pasti perlu perhatian dan perlakuan khusus. Alhamdulillah sepeda motor dapat tiba dengan selamat tanpa kurang apa pun.Terima kasih JNT cargo.





Oke demikian catatan pengalaman kami mengirim motor via JNT cargo.

Comments