Review Buku: Catatan Ringan dan Unik Bahasa Arab Al-Quran, Dr. K.H. M. Afifuddin Dimyathi, Lc, MA

Judul: Catatan Ringan dan Unik Bahasa Arab Al-Quran

Penulis: Dr. K.H. Afifuddin Dimyathi, Lc, MA

Genre: Non Fiksi Populer, Agama Islam 

Tebal: 353 halaman

Tahun Terbit: 2023

Penerbit: Qaf, Jakarta

Awalnya, saya tertarik dengan judul "Catatan Ringan dan Unik Bahasa Arab Al-Quran". Bikin penasaran, apa isinya?

Lalu, ketika pertama kali membuka halaman demi halaman buku ini secara acak, saya merasa familiar dengan isinya. Dan ternyata setelah membaca Pengantar Penulis, telah disebutkan oleh Gus Afifuddin, bahwa buku ini adalah kumpulan tulisan beliau, semua bertema seputar Al-Quran, yang terserak di Medsos. Pantas saja, pada beberapa bagian saya merasa pernah membacanya. Lah saya kan follower beliau di Facebook :D.

Maka, di sinilah salah satu keistimewaan buku ini. Mengingat beragamnya latar belakang pembaca di medsos, pemilihan kosakata dan gaya penyampaian yang dipilih Gus Afif, ringan dan santai sehingga mudah dipahami. Padahal topik yang diangkat berkaitan dengan kitab suci umat Islam.  Emang bisa ya, sesederhana itu menjelaskan tentang kandungan Al-Quran? :D. Keren banget.

Buku ini terdiri dari 112 tulisan, yang apabila dilihat dari titimangsanya, ditulis oleh Gus Afif pada rentang 2014 hingga 2022. Kemudian oleh pihak editor (angkat topi juga untuk sang editor) dikelompokkan lagi ke dalam 8 (delapan) klasifikasi yang runtut dan sistematik. Jadi, ketika menulis sebuah tema,Gus Afif hanya menulis apa yang hendak atau urgent untuk ditulis. Pada saat itu beliau belum terbersit untuk mengelompokkan apalagi membukukan. Beberapa di antara klasifikasi tersebut adalah: Syair dan Bahasa Arab, Tafsir dan Mufassir, Uslub dan Balaghoh, dan Etika Al-Quran. Sedangkan judul tulisan, di antaranya yaitu: Mushaf-mushaf Al-Quran, Hewan ternak memiliki beberapa lambung, Uslub sebab sebabnya sebab, Kebenaran yang satset, Balaghah Al-Baqoroh, Allah yang mempersatukan, Tirakat dalam menulis kitab.

Kalau ditanya, tulisan mana yang paling menarik? maka 112 tulisan, dengan 8 kelompok sub tema, tak ada yang tidak menarik untuk dilewatkan. Semua bagus dan menarik untuk dibaca, ditelaah dan dipahami. Meski Gus Afif menyebut bahwa bisa saja tulisan-tulisannya yang terserak di Facebook, tidak bermakna dan seperti buih di lautan yang dapat hilang tersapu ombak dan angin, bagi saya pribadi, semuanya berbobot dalam makna. 

Saya bersyukur berkesempatan membaca buku ini. Gus Afif, dengan latar belakang pendidikan dan keilmuan yang mumpuni, mampu hadirkan makna yang terkandung dalam Al-quran dengan cara berbeda dan mudah dipahami. 

Profil singkat KH. Dr. M. Afifuddin Dimyathi. Lc, MA

Gus Afif lahir di Peterongan Jombang, dan mengasuh Ponpes Darul Ulum Jombang. Menjadi dosen tetap di UINSA Surabaya, IAIN Tulungagung, IAIN Jember, STT Dalwa Bangil Pasuruan. Aktif menulis dan telah menerbitkan beberapa karya tulis di bidang ilmu tafsir Alquran dan bahasa arab, yang banyak dibuat rujukan di berbagai lembaga pendidikan.  

Demikianlah review singkat ini. Anda bisa membaca bukunya langsung secara lengkap di Rumah Baca Hakky Kota Malang. Atau bisa beli di beberapa toko online.

Comments